Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pengalaman menggunakan Samsung Chromebook 4: Review dari user biasa

Halo sobat Alaguru.com.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman pribadi setelah menggunakan sebuah laptop murah tapi tidak murahan, apalagi kalau bukan Samsung Chromebook 4. Walaupun ada juga Chromebook lain seperti HP Chromebook 11 G8 yang harganya mirip, tapi pilihan saya jatuh pada Chromebook Samsung karena desainnya lebih oke dan bikin lebih percaya diri ketika lagi meeting

Jadi apa saja keunggulan dan kelemahan dari Samsung Chromebook 4? Berikut ini saya akan membagikan review-nya berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan laptop ini selama lebih kurang 1 (satu) bulan.

Gambar: Samsung Chromebook 4


Kelebihan Samsung Chromebook 4

Lebih tepatnya, saya akan menceritakan kenikmatan apa saja yang saya rasakan selama menggunakan laptop Samsung Chromebook 4 ini. Jadi apa saja kelebihannya? Berikut ini pengalaman saya:

1. Harga yang sangat murah

Tentu saja harga menjadi pertimbangan kebanyakan orang dalam memilih laptop. Nah, Samsung Chromebook 4 ini saya beli dengan harga cuma Rp. 2,3 Juta. Kenapa bisa dibilang murah? Tentu saja karena spesifikasinya yang bisa dibilang setara dengan laptop Windows seharga 4 atau 5 jutaan. Saya tidak begitu paham mengapa laptop Chromebook ini bisa begitu murah, mungkin ada beberapa hal yang dikurangi dari laptop tersebut. Tapi, selama itu murah, itu akan menjadi kelebihan yang pertama, ya kan?

2. Desain yang cakep

Sebelum menentukan pilihan, saya sudah sekitar 2 bulan melirik sana-sini semua brand laptop dengan produk-produk terbarunya. Karena hanya ingin mencari laptop kedua sebagai pendukung kerja, akhirnya saya pilih laptop yang murah-murah saja. Setelah dipersempit lagi, akhirnya ada beberapa model Chromebook yang menjadi pilihan saya. Ya, karena untuk mendukung kerja saya yang sering bawa-bawa laptop, meeting, atau nongkrong di kantin sambil buka laptop, maka desain menjadi pertimbangan selanjutnya. Saya berani bilang bahwa Samsung Chromebook 4 memiliki desain paling keren dari Chromebook lainnya di level yang sama, setidaknya saat saya membelinya.

Ternyata saya tidak salah pilih. Saat pertama kali bawa laptop ini ke rapat kantor, banyak rekan-rekan yang melirik dan bertanya mengenai laptop yang saya pakai. "Keren" katanya. Bahkan ada yang menerka-nerka kalau harga laptop Chromebook saya setidaknya 7 jutaan atau lebih, dan mereka kaget saat tau harga aslinya. Wajar sih, karena Chromebook memang belum begitu populer di tempat saya bekerja, bahkan saya lah satu-satunya orang yang punya.

3. Sangat responsif alias "ngebut"

Saya belum pernah menggunakan laptop yang se-responsif Chromebook. Pengalaman yang diberikan oleh Samsung Chromebook 4 ini memang benar-benar luar biasa. Booting yang super cepat, bisa membuka hingga puluhan tab di browser tanpa kendala, bahkan bisa hidup kurang dari 1 detik dari posisi sleep. Sangat cocok dengan kebutuhan sehari-hari saya yang membutuhkan laptop gesit, terutama saat browsing.

Tapi, perlu diperhatikan juga kecepatan internetnya ya. Karena laptop Chromebook ini di-optimal kan bagi pengguna internet dan cloud storage. Jadi kalau internetnya lelet, semua pekerjaan juga mungkin terhambat. Saya bisa bilang Chromebook ini seperti smartphone, kalau ada internet ya lancar. Tapi kalau internet sedang bermasalah, memang Chromebook-nya bisa digunakan, tapi kurang maksimal.

4. Keyboard sangat nyaman

Pengalaman mengetik dengan Samsung Chromebook 4 sepertinya cukup nyaman. Mungkin saja industri keyboard laptop sudah sangat bersaing, sehingga untuk laptop murah saja sudah sangat nyaman digunakan. Tapi, jika dibandingkan dengan laptop saya yang lama, keyboard Chromebook lebih enak untuk digunakan. Walaupun laptopnya kecil, tapi pas-pas saja di tangan dan jarang sekali jari saya terpleset sangat mengetik.

5. Sangat ringan untuk dibawa

Bobot yang sangat ringan, bahkan lebih ringan dari buku yang sering saya bawa. Saya ingat saat pertama kali membawa laptop Samsung Chromebook 4 di tas punggung, saya seperti tidak membawa laptop. Saya sampai buka lagi tasnya untuk memastikan laptopnya sudah masuk atau belum. Ya wajar sih, soalnya laptop utama saya yang sudah cukup jadul memiliki berat sekitar 2,4 kg ditambah dengan chargernya yang sangat jumbo seberat 1/2 kg. Sedangkan laptop Samsung Chromebook 4 ini sudah dengan charger beratnya tidak sampai 1,5 kg. Tentu sangat terasa perbedaannya.

6. Baterai tahan sampai 14 jam

Hal yang paling saya sukai dari Samsung Chromebook 4 ini adalah baterainya yang super awet. Pemakaian awal, saya menggunakannya sekitar 1 sampai 2 jam setiap hari, dan melakukan isi ulang di hari ke enam. Sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan laptop tua saya yang tidak mampu bertahan 1 jam.

Pengalaman selanjutnya mengenai baterai adalah ketika saya mengikuti workshop seharian, mulai dari jam 8 sampai dengan jam 5 sore. Saya sama sekali tidak menyentuh charger laptop Samsung Chromebook 4 yang saya gunakan. Tentu saya sangat bangga dengan hal ini, karena dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, mereka hanya mampu bertahan paling lama 3 jam, setelah itu mulai sibuk mencari sumber listrik. 

Bahkan sampai ada rekan saya yang keheranan dengan ketahanan baterai laptop saya saat workshop itu. Saat itu sudah pukul 3 sore, dan saya tunjukkan status baterai di laptop chromebook saya, masih mampu bertahan 6 jam lagi. Tentu dia kaget bahkan mengira ini pasti laptop mahal.

7. Terkoneksi dengan Smartphone Android

Pengalaman lainnya adalah Chromebook sangat mudah untuk dihubungkan dengan Smartphone Android. Jadi, saya bisa mengendalikan Chromebook saya dari Smartphone atau sebaliknya. Sehingga apapun data yang ada di laptop, bisa saya lihat dari Smartphone. Bahkan ada juga fitur sinkronisasi aplikasi. Intinya Android sangat mudah dihubungkan dengan Chromebook. Ya, karena dua-duanya memang produk dari Google.


Kelemahan Samsung Chromebook 4

Ada kelebihan, tentu juga akan ada kelemahan. Sebenarnya saya sudah tahu kelemahan-kelemahan dari laptop Chromebook jauh hari sebelum membelinya. Tapi karena kelemahan tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan saya, maka saya tetap membelinya. Nah, berikut ini beberapa kelemahan yang harus kalian perhatikan sebelum membeli Chromebook

1. Tidak bisa menjalankan aplikasi berbasis Windows OS

Tentu saja, karena OS-nya berbeda. Bisa dibilang Chromebook adalah Smartphone Android yang di-laptop-kan atau diberi keyboard. Jadi tidak mungkin menjalankan aplikasi Windows di sini. Tapi, jika developer aplikasi tersebut membuat versi Chromebook, maka tentu bisa kita gunakan nantinya.

Tapi tidak perlu khawatir, Chromebook memiliki aplikasi PlayStore. Jadi kalian bisa menginstal aplikasi-aplikasi android di Chromebook kamu. Jika tidak bisa menginstal aplikasi Windows, kamu bisa saja mencari alternatifnya di PlayStore, ya kan?

2. Tidak bisa main game keren

Chromebook memang bisa dipakai untuk bermain game, bahkan kemungkinan akan ada Chromebook untuk gamer. Tapi sayangnya di laptop Samsung Chromebook 4 kita tidak akan bisa bermain banyak game. Beberapa game bisa saja dimainkan, seperti Mobile Legend, PUBG dan lain-lain, tapi mungkin tidak akan maksimal.

Perlu diingat, laptop ini dibuat bukan untuk main game. Jadi ya wajar saja kalau tidak cocok untuk gamer.

3. Layar kurang keren dengan bezel tebal

Layarnya masih berpanel TN, jadi harus sering disesuaikan dengan posisi kita melihatnya. Selain itu bezelnya cukup tebal dan memiliki kesan seperti laptop jadul. Alasan bezel tebal tersebut katanya adalah untuk melindungi layar, karena laptop ini pada awalnya ditujukan untuk anak-anak sekolah yang masih kurang perhatian dan tidak hati-hati dengan gadgetnya.

Yah, tapi dengan harga semurah itu, tentu kita tidak bisa berharap banyak untuk layarnya, kan?

4. Suara dari speaker biasa-biasa saja

Speakernya cukup bagus memang, tapi masih biasa-biasa saja seperti laptop murah pada umumnya. Kalau bagi saya sih yang penting suaranya tidak pecah saat volume full. Lagian laptop ini bukan untuk memutar musik, jadi speaker pasti akan sangat jarang saya gunakan.

5. Penyimpanan yang minim

Bagi kebanyakan orang, penyimpanan yang minim pasti akan menjadi hambatan. Samsung Chromebook 4 ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan 32 GB, walaupun bisa ditambah dengan MicroSD sesuai kebutuhan. Kalau bagi saya, penyimpanan minim tidak jadi masalah, karena sebagian besar penyimpanan saya lakukan di Google Drive. Bahkan Google Drive saya yang sudah 4 tahun digunakan belum tembus 4 GB. 

Sesuai dengan pekerjaan saya yang hanya berkutat dengan dokumen word, excel, power point atau pdf, tentu kapasitas 32 GB itu sudah lebih dari cukup. Tapi bagi pengguna yang pekerjaannya berkaitan dengan multimedia seperti gambar dan video, tentu penyimpanan menjadi pertimbangan.


Laptop Samsung Chromebook 4 Cocok untuk siapa?

Saat ini, mungkin laptop Chromebook tidak cocok untuk kebanyakan orang. Karena OS Windows memang sudah benar-benar merajalela. Tapi, sudah banyak juga orang-orang yang menyadari ke-efektif-an dari penggunaan laptop Chromebook. Lalu, laptop Chromebook ini cocok untuk siapa saja? Berikut saran yang bisa saya rangkum:

  1. Laptop Chromebook sangat cocok untuk orang-orang yang hanya menggunakan laptop untuk mengetik, browsing, nonton video YouTube, atau pekerjaan-pekerjaan lain yang berbasis web.
  2. Anak sekolah dan mahasiswa yang hanya menggunakan laptop untuk Google Classroom, mengetik, membuat tugas ringan, akan cocok untuk laptop ini. Tapi mungkin mahasiswa IT dan sejenisnya tidak akan cocok.
  3. Orang-orang yang pekerjaannya tidak mengandalkan aplikasi Windows OS atau aplikasi di MacOS
  4. Orang-orang yang hanya menggunakan laptop untuk meeting online seperti lewat Zoom, MS. Teams, Google Meet, dsb.
  5. Penggiat jualan online yang membutuhkan laptop hanya untuk mengolah sosial media.

---

Nah itulah pengalaman saya selama menggunakan laptop Samsung Chromebook 4. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang saat ini sedang mencari laptop. 

Baca juga: 
Apa itu Chromebook?
Website Download Video YouTube Gratis
Cara Download Video TikTok tanpa Watermask

Post a Comment

0 Comments