Terbaru

6/recent/ticker-posts

Sarjana Pendidikan bisa bikin bisnis apa?

 Kuliah setidaknya 4 tahun dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), jelas pasti banyak suka dukanya. Perjuangan menyelesaikan kuliah tersebut menjadi sebuah pengalaman yang tidak mudah dilupakan. Tapi tidak sampai disitu saja, seorang sarjana pendidikan yang harusnya menjadi guru akan berhadapan dengan kenyataan dunia kerja yang tidak menentu.

Guru mempunyai penghasilan yang besar, tapi itu hanya untuk guru yang sudah PNS atau pegawai tetap plus sudah mendapatkan sertifikasi guru. Sedangkan guru non-PNS dan non pegawai tetap mungkin akan menerima kenyataan yang sebaliknya. Gaji guru honorer yang sangat kecil sudah menjadi rahasia umum dan belum ada banyak perubahan sampai saat ini.

Sarjana Pendidikan membuat usaha atau memulai bisnis sudah menjadi hal biasa saat ini. Selain itu, banyak juga sarjana pendidikan yang akhirnya tidak menjadi guru dan memilih menjadi karyawan karena bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Nah, apa saja peluang bisnis yang bisa dikerjakan oleh sarjana pendidikan? Berikut ini kita akan membahas beberapa peluang bisnis yang bisa dikerjakan oleh seorang sarjana pendidikan.

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis bagi Pemula

---

Peluang bisnis untuk Sarjana Pendidikan

Kita akan fokus pada peluang-peluang bisnis yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Seorang sarjana pendidikan memang tidak melulu harus menjadi guru, tapi bisa juga menjadi pengelola sebuah bisnis. Saat ini pendidikan memang merupakan salah satu potensi bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan. Berikut ini beberapa peluang bisnis untuk sarjana pendidikan:

1. Kursus Privat

Sebuah hal biasa bagi seorang sarjana pendidikan untuk menjadi guru privat. Banyak orang yang lebih suka belajar dirumah daripada ditempat kursus atau les. Nah, ini menjadi peluang yang bisa kamu kembangkan. 

Jangan pikirkan sebatas menjadi guru privat saja, tapi coba bayangkan sebuah wadah untuk para guru yang berminat menjadi guru privat. Selanjutnya wadah tersebut bisa saja berupa sebuah lembaga kursus yang nantinya akan menyalurkan guru privat sesuai dengan permintaan konsumen. 

2. Kursus Keterampilan

Beberapa sarjana pendidikan memiliki potensi untuk membuka kursus keterampilan, terutama mereka yang mengambil jurusan pada bidang-bidang keterampilan. Misalnya keterampilan bahasa, mekanika, elektronika, kesenian, dan keterampilan-keterampilan lainnya. Jurusan yang berbasis pada keterampilan (skill) mempunyai potensi yang cukup bagus untuk dibuatkan sebuah lembaga kursus keterampilan.

Lembaga kursus keterampilan (LPK) selalu diminati oleh masyarakat. Kamu bisa membuat kurikulum sesuai dengan target pasar atau lingkungan kamu. Misalnya Kursus bahasa Inggris untuk anak-anak, kursus bahasa Inggris untuk persiapan kerja, kursus tata boga dan tata busana, dan kursus-kursus lainnya.

3. Bimbel

Bimbingan belajar (bimbel) lebih mengarah pada mata pelajaran atau persiapan ujian. Kamu bisa membuat bimbel sesuai dengan jurusan kamu. Tidak sampai disitu saja, pada proses selanjutnya kamu bisa bekerja sama dengan orang lain untuk membuat bimbel dengan banyak mata pelajaran, seperti Matematika, bahasa Inggris, Biologi, Fisika, dan lain sebagainya.

Selain bimbel mata pelajaran, kamu juga bisa membuat bimbel untuk ujian-ujian tertentu misalnya: TOEFL, IELTS, ujian masuk perguruan tinggi, ujian CPNS, dan sebagainya.

4. Mendirikan PAUD atau KOBER

Jika kamu suka dengan anak-anak, maka mendirikan PAUD atau KOBER bisa menjadi sebuah pilihan. Syarat pendiriannya pun tidak terlalu rumit, mungkin lebih rumit mengurus anak-anak yang akan menjadi siswa kamu nantinya. Tapi tidak masalah jika kamu menyukainya, kan?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan memerlukan sebuah silabus pembelajaran, sedangkan Kelompok Bermain (KOBER) tidak memerlukan silabus pembelajaran. Jadi silahkan pilih mana yang paling sesuai, yang jelas kamu harus bertanggung jawab penuh untuk menjaga anak-anak selama jam pelajaran nantinya.

5. Menjadi Content Creator

Zaman sekarang, seorang content creator bisa saja menghasilkan banyak uang hingga ratusan juga perbulannya. Kamu juga bisa menjadi content creator jika mau. Apalagi seorang sarjana pendidikan pastinya memiliki modal ilmu yang bisa dibagikan kepada khalayak.

Pertama-tama, kamu harus memilih platform seperti apa yang akan kamu gunakan, kemudian konten seperti apa yang akan kamu buat. Pilihan yang cukup populer saat ini adalah menjadi Blogger, YouTuber, atau Vlogger, tapi kamu juga bisa memilih untuk bermain di aplikasi TikTok atau Instagram. Syarat utamanya adalah kamu harus mampu membuat konten yang disukai banyak orang.
Baca juga: Tips membangun blog bule

Misalnya kamu seorang sarjana pendidikan fisika, maka membuat video penjelasan sederhana materi-materi fisika di YouTube bisa menjadi peluang yang cukup bagus. Pastikan kamu menampilkan konten tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga penonton tidak bosan. 
Baca juga: Cara ampuh mendapatkan subscriber YouTube

---

Demikianlah beberapa peluang bisnis untuk sarjana pendidikan. Mungkin masih banyak peluang bisnis lainnya yang bisa dilakukan, jika kamu tahu beberapa bisnis yang potensial untuk sarjana pendidikan, silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Baca juga:
Kerja atau kuliah? Pilih mana
Manfaat bahasa Inggris untuk bisnis



Post a Comment

0 Comments