Terbaru

6/recent/ticker-posts

Mengapa WordPress saya lambat?

Website berbasis CMS WordPress termasuk yang paling banyak digunakan di dunia terutama untuk mengelola blog pribadi. User Interface yang cukup mudah didampingi dengan support dan update serta tema dan plugin yang berlimpah membuat WordPress cukup wajar untuk difavoritkan. Tapi, tetap saja, jika langkah-langkah yang kita lakukan kurang tepat, WordPress bisa saja menjadi lambat.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas sedikit mengenai apa saja penyebab website WordPress menjadi sangat lambat. Simak pembahasannya ya!


4 Alasan WordPress kamu sangat lambat

Ada banyak asalan yang bisa menyebabkan website kamu menjadi lambat. Tapi biasanya disebabkan oleh 4 hal berikut ini:

1) Menyewa hosting yang lambat

Web-hosting sangatlah berpengaruh pada kecepatan dan kinerja sebuah website. Sebuah server hosting yang lambat, dengan kualitas yang kurang memadai dan bandwith yang lemah pastinya akan memiliki respon server yang lambat sehingga akan memperlambat kecepatan dan kinerja website.

Jadi, pilihlah hosting yang sudah terpercaya untuk masalah layanan dan kecepatan. Jangan tergiur dengan harga murah, kecuali kalau mau coba-coba dan masih belajar. Tapi kalau sudah serius membangun sebuah website atau blog, maka pilihlah hosting yang sudah memiliki nama baik.

2) Terlalu banyak plugin terinstal

Plugin memang merupakan kebutuhan pada website WordPress. Namun, plugin-plugin yang di-instal bisa saja menjadi masalah yang memperlambat kinerja website. Semakin banyak plugin yang diistal, maka akan semakin banyak pekerjaan yang dilakukan didalam sebuah website.

Pastikan kamu hanya menginstal plugin yang penting dan diperlukan saja. Jangan buang-buang resource server hanya untuk menjalankan plugin yang tidak penting yang akhirnya malah memperlambat kinerja website.

3) Tema yang terlalu berlebihan

Hati-hati memilih tema, bisa saja tema premium WordPress malah membuat kecepatan website kamu menurun. Secara umum, tema premium akan menampilkan lebih banyak fitur dengan gambar yang besar, berkedip-kedip, tambahan javascript, dan lain sebagainya yang akan mengurangi kecepatan situs.

Semakin sederhana sebuah tema, maka akan semakin cepat kinerja website. Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan estetika sebuah tema sehingga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di website kamu.

4) Tidak ada kompresi gambar

Gambar yang diunggah ke website akan menggunakan sumber daya penyimpanan. Kebanyakan blogger pemula tidak tahu atau tidak peduli dengan ukuran gambar yang mereka upload. Sehingga lambat laun kapasitas penyimpanannya menjadi penuh hanya dengan beberapa gambar saja.

Sumber daya penyimpanan juga mempengaruhi loading speed dari sebuah website. Jadi, perhatikanlah ukuran gambar yang akan kamu unggah. Lakukanlah kompresi agar file gambar menjadi lebih kecil. Jangan sia-siakan sumber daya penyimpanan di server kamu karena pengunjung tidak membutuhkan gambar dengan pixel yang tinggi kecuali pada situs berbagi gambar dan foto.



Baca juga:
Cara menurunkan Spam Score di Blog
Langkah awal sebelum memulai Blogging
Apa itu hosting?


Post a Comment

0 Comments