Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kerja atau Kuliah? Mana yang harus dipilih

Mungkin kamu bisa pilih dua-duanya? tapi pasti akan terasa cukup berat. Nah, untuk memastikan pilihan mana yang akan kamu ambil, artikel ini mungkin akan sedikit membantu.

Lulus dari SMA akan memberikan kamu pilihan untuk kuliah atau langsung kerja. Keduanya punya kelebihan masing-masing. Tapi, mengambil keduanya mungkin akan menjadi pilihan yang cukup berat. Mencari tempat kerja pun tidak semudah yang dibayangkan. Orang-orang yang tamat kuliah belum tentu mendapatkan pekerjaan, apalagi yang tamat SMA. Tapi banyak juga fakta lapangan yang menunjukkan lulusan SMA sederajat yang bisa lebih sukses dari sarjana.

Memang ada banyak hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengambil keputusan untuk kerja atau kuliah. Selanjutnya, kita akan membahasnya dalam poin-poin berikut:

---

1. Bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Kuliah untuk mendapatkan ilmu

Tawaran dan kesempatan kerja biasanya tidak datang berulang kali. Ketika tawaran itu datang, maka akan ada kesempatan berkarir dan menghasilkan uang sendiri. Punya pekerjaan setelah lulus SMA mungkin terdengar cukup keren, bukan?

Jika memilih kuliah, tentu kamu akan menunda kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan. Tapi, seorang sarjana akan mempunyai peluang kerja yang lebih besar dibanding lulusan SMA. Walaupun nantinya belum tentu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Jadi, jangan salah memilih jurusan. Pastikan jurusan kuliah kamu sesuai dengan minat kamu dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

2. Bekerja untuk dibayar. Kuliah harus membayar

Jika keuangan masuk sebagai salah satu pertimbangan, maka kerja dan kuliah sangat bertolak belakang. Seorang pekerja akan mendapatkan bayaran atas setiap pekerjaannya, akan tetapi seorang mahasiswa harus membayar untuk dapat mengikuti setiap kegiatan di bangku kuliah.

Pilihlah dengan bijak. Jika kuliah akan mengganggu perekonomian kamu, maka kamu sebaiknya memilih untuk bekerja terlebih dahulu. Tapi jangan langsung menyerah dengan keuangan, saat ini sudah banyak beasiswa yang membantu banyak mahasiswa untuk berkuliah. Bahkan program pemerintah seperti beasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah yang memberikan kuliah gratis + uang saku untuk mahasiswa berprestasi. 

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan, pertimbangkan dulu dengan matang.

3. Pengalaman kerja akan memperluas pengetahuan. Kuliah akan memperdalam pengetahuan

Memperluas dan memperdalam pengetahuan, keduanya terlihat sama tapi cukup berbeda.

Ketika kuliah, kamu akan mendapatkan teori-teori sesuai dengan jurusan yang diambil. Kamu juga akan mempelajari teori-teori terbaru yang relevan bahkan mungkin membuat penelitian tentang salah satu teori tersebut. Itulah yang dimaksud dengan mendalami sebuah pengetahuan.

Dunia kerja mungkin sedikit berbeda, teori-teori yang ada bisa saja tidak sesuai. Lumrah sekali mendapati hal-hal dalam dunia kerja yang berlawanan atau tidak sesuai dengan teori-teori yang yang telah dipelajari sehingga tidak bisa digunakan sepenuhnya. Intinya, teori belum tentu sesuai dengan fakta dilapangan. Nah, dari sanalah seorang pekerja akan mencari tahu teori-teori mana yang sesuai dan tidak sesuai dan juga mencari hubungan antar teori untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Pengalaman beserta trial and error tersebut akan memperluas pengetahuan tentang pekerjaannya.

Nah, dari poin ini bisa disimpulkan bahwa keduanya cukup penting. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sambil kuliah.

4. Pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan?

Tahukah kamu, pengalaman kerja itu seringkali lebih diutamakan daripada latar belakang pendidikan?

Pendidikan hanyalah sebagai "tiket masuk" ke dunia kerja. Saat sudah berada didalamnya, orang-orang akan menilai kinerja yang kamu berikan. Lulus SMA tidak selalu berarti tidak sebanding dengan sarjana. Di dunia kerja, bisa saja seorang lulusan SMA menjadi orang yang lebih diandalkan dari seorang sarjana. Semuanya tergantung kinerja yang kamu berikan.

5. Banyak sarjana pengangguran, apa bedanya dengan lulusan SMA?

Banyak rumor-rumor beredar misalnya: lulusan sarjana pengangguran, lulusan SMA bisa sukses, lulusan SMA mempekerjakan sarjana, sarjana jadi ojek online, dll.

Memang rumor tersebut tidak sepenuhnya salah. Tapi, kita juga harus mencari tahu apa penyebabnya. Jika kita melihat fakta lebih luas, maka kita akan melihat bahwa lebih banyak lulusan sarjana yang memiliki posisi lebih baik dibanding lulusan SMA. 

Memang banyak sarjana yang penggangguran. Alasannya bisa saja seperti kurangnya lapangan pekerjaan yang sesuai, terlalu memilih pekerjaan, tidak memiliki pengalaman kerja, dsb. Jadi pertimbangankanlah dengan matang jurusan yang akan kamu ambil jika memang ingin kuliah dulu sebelum bekerja.

6. Kuliah ataupun Kerja, keduanya akan memperluas jaringanmu

Punya banyak teman dan jaringan adalah hal yang wajib kamu miliki, apalagi jika kamu ingin berkarir nantinya. Nah, kuliah ataupun kerja sama-sama akan memperluas jaringanmu. Tetapi, keduanya akan memiliki tipe yang berbeda.

Di dunia kerja, kamu akan memiliki banyak teman dari kalangan profesional yang memiliki banyak pengalaman dibidangnya. sedangkan di bangku kuliah akan lebih banyak bertemu dengan akademisi yang cerdas dan kritis. Jadi, silahkan pilih sendiri mana yang cocok untuk kamu.

7. Apa passion kamu?

Ketika memilih untuk bekerja atau kuliah, maka tidak ada pilihan yang baik atau buruk, tidak pula benar atau salah. Lebih tepatnya, kamu akan memilih yang paling sesuai, cocok, dan pantas untuk kamu ambil sesuai dengan kondisi kamu saat itu. 

Passion dan goal adalah hal penting yang menjadi penentunya. Pastikan pilihanmu sesuai dengan kedua hal tersebut. 

8. Kuliah sambil bekerja, atau Bekerja sambil kuliah

Bekerja sambil kuliah bukan menjadi masalah saat ini. Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jam kuliah yang cukup fleksibel. Ada pula perguruan tinggi yang kuliahnya online. Jadi, pekerjaan kamu bisa tetap berjalan tanpa terganggu dengan kuliah.

Jika kamu lebih mengutamakan kuliah, kamu bisa mengambil pekerjaan-pekerjaan sambilan. Misalnya kerja part-timefreelance, usaha kecil rumahan, dll. Jadi sembari kuliah, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan.
Baca juga: Ide usaha sampingan tapi menguntungkan

---

Kuliah dulu atau kerja dulu? sudahkah kamu menentukan pilihan?
Pilihlah dengan baik, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Pastikan setelah memilih, kamu akan menjalani pilihan tersebut dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan berkomitmen. Jangan sekali-kali memilih karena ikut-ikutan atau paksaan dari orang lain.

Ingat, kuliah dulu atau kerja dulu, keduanya akan menentukan masa depan kamu.

Baca juga:
7 Peluang Usaha dengan Modal Bahasa Inggris



Post a Comment

0 Comments