Terbaru

6/recent/ticker-posts

Tips Mendapatkan Pengunjung pada Blog Luar Negeri - Khusus Pemula



Bagaimana cara mendapatkan pengunjung pada blog bule? - Ini adalah pertanyaan yang pasti muncul, khususnya bagi orang-orang yang ingin memulai blog luar negeri. Pengunjung merupakan faktor yang sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu blog. Jadi, para blogger akan menggunakan berbagai macam cara untuk mengundang pengunjung ke blog mereka. Nah, blog bule memiliki sedikit tantangan karena target pengunjungnya adalah orang luar negeri.

Apa itu blog luar negeri? - Disebut blog luar negeri karena target traffic-nya berasal dari orang-orang luar negeri. Banyak blogger Indonesia menyebutnya dengan nama blog bule, karena di Indonesia luar negeri identik dengan bule.
Baca juga: Tips membuat blog bule

Mengapa membuat blog bule? - Ada banyak hal yang mungkin menjadi alasan. Tapi kebanyakan blogger menginginkan traffic luar negeri dikarenakan bayaran AdSense nya lebih besar dibandingkan traffic dalam negeri. Lumayan sih, perbedaannya sekitar 5x lipat dengan jumlah traffic yang sama.

Metode yang sering digunakan para blogger adalah mengoptimalkan SEO, dan berbagi ke sosial media. Tapi untuk blog bule, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri karena SEO yang diterapkan harus sesuai dengan negara sasaran. Apalagi sosial media kita yang kebanyakan pengikutnya adalah orang Indonesia. Maka dari itu, trik-trik mendapatkan pengunjung blog dari luar negeri haruslah dikuasai dengan baik. Intinya adalah agar Google menampilkan artikel kita pada pencariannya.

Saat seseorang mencari sesuatu di google.com, maka yang akan ditampilkan dihalaman pertama adalah konten-konten dari negara sesuai dengan alamat IP pengguna. Jadi misalnya pengguna berasal dari Amerika, maka konten-konten yang akan ditampilkan akan diutamakan yang berasal dari Amerika, atau setidaknya yang menggunakan bahasa Inggris. Nah, jadi kita harus benar-benar memperhatikan blog kita sehingga bisa mendapatkan pengunjung dari negara yang kita targetkan.

Berikut ini tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan traffic pada blog bule:


Gunakan Domain TLD

TLD atau Top Level Domain adalah domain yang cukup populer karena mudah diingat. TLD seperti .com dan .net cukup banyak digunakan dan lebih menyakinkan dibandingkan .online dan .xyz. Dengan pemilihan nama domain yang tepat, diikuti oleh TLD, maka blog bule akan lebih berkelas dan meyakinkan sehingga akan mengundang pengunjung. Kamu bisa juga menggunakan domain dengan kode negara atau ccTLD, misalnya .us; .uk; dan sebagainya.


Gunakan Hosting yang berada di negara sasaran

Selanjutnya, pilihlah server hosting yang berada di negara sasaran. Misalnya target kamu adalah orang-orang Amerika, maka carilah server yang yang berada di negara tersebut. Jika tidak memungkinkan, mungkin bisa mencari server di lokasi yang terdekat dengan lokasi pengunjung yang ditargetkan.


Buat halaman yang menyatakan bahwa blog berada di negara yang ditargetkan

Semisal, kamu menargetkan visitor utama kamu dari negara Inggris dan sekitarnya, maka tuliskanlah sesuatu yang menunjukkan bahwa website atau blog kamu berada di negara tersebut. Biasanya para blogger menuliskan alamat lengkap pada bagian footer. Kamu juga bisa menuliskannya pada halaman "tentang" atau "about" yang bisa memuat deskripsi lebih lengkap tentang website. Jangan lupa untuk menuliskan postingan-postingan yang sesuai dengan negara sasaran, agar lebih meyakinkan pengunjung yang datang.


Buatlah konten menggunakan bahasa yang sesuai dengan negara sasaran

Hal ini sudah cukup jelas dan sangat penting. Jadi, untuk memulai blog bule, syarat utamanya adalah kamu menguasai bahasa dari negara sasaran. Biasanya blogger Indonesia menggunakan bahasa Inggris untuk blog bulenya, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional.
Baca juga: cara cepat belajar bahasa Inggris

Jika kamu tidak menguasai bahasa dari negara sasaran, maka kamu harus menggunakan jasa orang lain yang bisa. Ada juga blogger yang membayar orang lain untuk menuliskan artikel berbahasa asing. Jadi semuanya tergantung bagaimana kamu mengelola blog tersebut. Yang jelas, konten-konten yang di-publish harus mampu mengikat pengunjung untuk membacanya. Kalau bisa, konten tersebut bisa menciptakan komunikasi informatif dari pengelola blog dengan pengunjung.



Itulah beberapa tips singkat tentang cara mendapatkan pengunjung pada blog luar negeri atau blog bule. Masih ada banyak langkah-langkah lain yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan kunjungan ke website. Jadi, jangan berhenti sampai disini saja. Teruslah melakukan riset agar lebih memahami bagaimana cara mendapatkan traffic untuk blog kamu.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat!


Baca juga:
Persiapan sebelum memulai Blogging
Cara mendapatkan halaman 1 Google Search
Apa itu niche?


Post a Comment

0 Comments