Terbaru

6/recent/ticker-posts

Tips Blogging untuk Blogger Pemula

Blogger

Menjadi blogger yang sukses adalah impian para blogger pemula. Saya yakin kamu juga salah satunya. Yah, saya juga sih. Tapi, jalan menuju kesuksesan dalam dunia blogging ternyata tidaklah semudah yang diperkirakan. Ada banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi agar bisa meraih kesuksesan ketika memutuskan untuk menjadi seorang blogger.

Memiliki sebuah blog, berarti kamu bisa mengatur dan mengontrol semua konten yang ada didalamnya. Blog yang kamu miliki akan menjadi sarana untuk menunjukkan kreativitas, berbagi pengetahuan, atau membagikan konten-konten yang kamu sukai. Semakin menarik konten di blog kamu, maka akan semakin banyak orang yang membacanya dan semakin besar kemungkinan kamu untuk sukses sebagai blogger.

Kebanyakan blogger pemula seringkali mengabaikan hal-hal penting dalam blogging. Akhirnya mereka tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan dan memutuskan berhenti menjadi blogger. Semoga kamu bukan salah satunya.

Nah, pada artikel kali ini, saya ingin membagikan beberapa tips (atau lebih tepatnya "saran") yang bisa kamu lakukan sebagai seorang blogger pemula. Setidaknya, tips-tips ini akan membuat kamu menikmati pekerjaan sebagai seorang blogger.

Baca juga:
LINK Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula
Susahnya menghasilkan uang dari Blogging


1) Tulis apa yang kamu sukai

Apapun niche blog yang kamu pilih, pastikan itu merupakan hal yang kamu sukai. Kamu bisa menulis tentang makanan, perawatan anak, kesenian daerah, yang penting kamu benar-benar menyukainya. Jika kamu tidak menyukai dan tidak memahami hal-hal tentang musik, maka jangan sekali-kali menulis tentang hal itu. Tanpa passion terhadap topik yang kamu pilih, tulisan yang kamu buat tidak akan maksimal. Pada akhirnya, para pembaca akan mengetahui apakah tulisan kamu berkesan atau hanya sebatas tulisan.

Pembaca akan datang ke blog karena konten yang kita tulis. Jika konten tersebut menarik, mereka akan cenderung bertahan lebih lama bahkan membaca artikel-artikel lainnya. Nah, untuk mendapatkan pembaca yang seperti itu, kita harus membuat artikel yang menarik dan benar-benar kita kuasai.

Bosan menulis konten blog juga akan menjadi masalah jika kamu tidak benar-benar menyukai niche dan topik yang ada di blog kamu. Jadi, pemilihan niche diawal pembuatan blog menjadi sangat penting. Pastikan kamu menikmati apa yang kamu kerjakan.


2) Menjadi blogger yang berbeda

Apa yang membuat konten kamu berbeda dengan konten blogger lain?
Topik apapun yang kamu pilih, akan ada banyak blogger yang lebih dulu membuat konten dengan topik tersebut. Kamu bisa saja bersaing dengan ribuan blogger dengan ratusan ribu konten mereka. Lalu bagaimana kamu bisa bertahan sebagai blogger pemula?

Hal utama dalam dunia marketing adalah menghasilkan produk yang berbeda. Begitupun dengan blogging. Buatlah blog yang berbeda dari yang lain, tidak harus perbedaan besar, cukup perbedaan kecil tapi menjadi ciri khas dari blog kamu. Jadi, kamu harus memikirkan bagaimana membuat blog yang berbeda, bisa berkaitan dengan isi konten, ilustrasi, tema blog, hingga gaya bahasa. Apapun itu, intinya adalah membuat blog kamu berbeda dengan ciri khas sendiri.

Untuk menciptakan blog yang berbeda, tentunya kamu harus banyak berkunjung ke blog orang lain. Perhatikan blog-blog tersebut dan pahami bagaimana semua blog itu bisa sama atau berbeda satu sama lain. Kemudian, tentukan bagaimana kamu akan membuat blog yang berbeda. Kebanyakan blogger akan membutuhkan banyak waktu untuk menjadi berbeda, karena menjadi blogger dengan ciri khas membutuhkan banyak pengalaman dan percobaan.


3) Menulis seakan berbicara

Kebanyakan pembaca menyukai tulisan-tulisan yang seakan-akan mengajak mereka berkomunikasi. Mereka juga suka membaca tulisan yang terkesan seperti penulisnya sedang berbicara didepan mereka. Kebanyakan blogger menulis dengan tulisan yang baik dan benar, bahkan terkesan sangat formal. Memang tidak salah, tapi terkadang tulisan tersebut menjadi sangat kaku.

Biarkan gaya bahasa kamu berada pada tulisan yang kamu buat. Orang-orang lebih suka bahasa yang santai daripada bahasa formal. Dengan bahasa yang santai, pembaca akan terkoneksi dengan kamu melalui tulisan tersebut sehingga tulisan tersebut menjadi berkesan. Buatlah blog yang bersifat kasual, tapi bukan berarti menggunakan kata-kata yang tidak pantas.


4) Konten yang bagus dan berkualitas

Konten adalah hal yang paling penting dalam blogging. Para pembaca mengunjugi blog kamu kerena ingin melihat konten yang kamu buat. Jika konten tersebut bagus, mereka akan membacanya, dan mungkin akan datang lagi dilain waktu. Begitupun sebaliknya, jika konten kamu tidak bagus, mereka akan segera pergi dan mungkin tidak akan datang lagi.

Tulislah konten dengan sebaik-baiknya. Buatlah konten yang berkualitas, atau setidaknya akan ada yang membacanya. Walaupun tidak semua orang akan menyukai tulisan tersebut, kamu harus tetap berusaha membuat yang terbaik. Jadikanlah blog yang kamu kelola menjadi blog yang memiliki konten-konten kreatif, bagus, menarik, membantu, atau menginspirasi.


5) Menambahkan gambar atau ilustrasi

Tidak semua konten memerlukan gambar atau ilustrasi. Tapi tahukah kamu, menurut hasil penelitian, pengunjung akan lebih menyukai jika didalam sebuah artikel yang mereka baca memiliki gambar atau ilustrasi. Jadi, kamu juga harus memperhatikan aspek ini untuk meningkatkan kualitas konten yang kamu buat.

Kamu bisa menambahkan gambar-gambar atau ilustrasi ke dalam tulisan yang kamu buat. Gambar dan ilustrasi tersebut bisa kamu dapatkan dari banyak sumber di Internet. Jika kamu punya kemampuan membuat ilustrasi dengan menggunakan software, itu akan menjadi lebih mudah. Ada banyak penyedia gambar baik gratis maupun berbayar, begitupun dengan software edit gambar juga ada banyak yang gratis. Silahkan kembangkan kemampuan dan kreativitas kamu dalam memilih gambar dan ilustrasi.



Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai blogger pemula. Ingat, menjadi blogger yang sukses bukanlah hal yang mudah. Memang ada orang yang bisa sukses dalam waktu singkat, tapi sebagian besar blogger membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup banyak. Teruslah berjuang dan kelola lah blog kamu dengan sebaik-baiknya. Hasil tidak akan menghianati usaha.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel-artikel lainnya di alaguru.com


Baca Juga:
7 Peluang Usaha bermodalkan Bahasa Inggris
Cara mendapatkan halaman 1 Google Search
Cara mendapatkan uang dari blog


Post a Comment

0 Comments