Terbaru

6/recent/ticker-posts

Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


Kreativitas merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan dalam berbisnis. Begitupun ide-ide usaha rumahan kreatif ini tentu memerlukan adanya sebuah kreativitas dari para pelaku usaha tersebut. Inovasi dan kreativitas akan menciptakan peluang usaha yang lebih unik, menarik, dan lain daripada yang lain. Usaha-usaha kreatif akan sangat mudah menarik perhatian para calon konsumen.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa usaha rumahan yang hanya bermodalkan kreativitas dan pastinya menguntungkan.

Baca juga: Cara berjualan online agar cepat laku



Ide Usaha Rumahan Kreatif Modal Kecil

Bagi kamu seorang pemula yang ingin membuka usaha rumahan, memang diperlukan adanya sikap yang kreatif serta inovatif dalam menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Selain itu, kamu juga harus siap akan resiko yang mungkin terjadi kapan dan dimana saja.

Menjalankan usaha memiliki banyak sekali tantangan dan rintangan. Kamu mungkin saja akan menyerah ditengah jalan. Tapi jika kamu bersungguh-sungguh dan mau belajar, kesuksesan pasti akan datang. Jadi teruslah bersemangat dengan usaha yang akan atau sedang kamu lakukan.

Untuk memperoleh ide-ide kreatif dalam menjalankan usaha rumahan, berikut ini beberapa rekomendasi usaha rumahan yang kreatif dan unik dengan modal kecil, antara lain:

1) Katering Sehat

Bagi kamu yang memiliki kegemaran di bidang kuliner, peluang ini dapat menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Pasti sangat menyenangkan ketika kamu melakukan pekerjaan yang benar-benar kamu sukai dan mendapatkan penghasilan darinya.

Saat ini telah banyak orang yang memulai pola hidup sehat dengan memperhatikan menu makanan yang sehat pula. Mereka telah menyadari bahwa hidup sehat itu penting. Jika sudah sakit, semua pekerjaan kita akan tertunda dan kita akan tertinggal.

Hal ini dapat menjadi peluang untuk bisnis kreatif bagi kamu. Dengan membuka bisnis katering sehat seperti menyiapkan bekal anak sekolahan, menu sehat khusus untuk diet, dan lain sebagainya. Buatlah konsep katering sehat yang menjual, misalnya dengan memasak tanpa MSG, menggunakan minyak goreng premium, bahan-bahan organik, dan lain-lain.

2) Kreasi Mahar dan Hantaran

Salah satu usaha rumahan yang memerlukan adanya kreativitas adalah membuat mahar dan hantaran. Usaha ini dapat kamu jalankan di sela-sela kegiatan kamu. Untuk dapat mempromosikan usaha ini, kamu dapat mempostingnya ke dalam akun media sosial kamu sehingga dapat menarik perhatian pengguna medsos.

Pastikan dalam menjalankan usaha ini, kamu meluangkan kreativitas yang kamu miliki secara maksimal. Semakin unik dan keren pekerjaan yang kamu hasilkan, semakin besar potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

3) Produk Camilan Unik

Bisnis rumahan kreatif yang dapat kamu jalankan selanjutnya adalah dengan menjual produk camilan unik. Kamu dapat berkreasi dalam menghasilkan makanan atau camilan unik yang lain dari yang lain sehingga dapat menjadi usaha rumahan yang cukup potensial untuk dijalankan. Seperti membuat kue balok lumer, keripik pare atau jengkol, dan lain sebagainya.

Apalagi sekarang kamu bisa mempromosikan produk kamu dengan mudah dan gratis melalui media sosial. Posting terus produk-produk camilan yang kamu buat, jangan lupa untuk membuat caption yang menarik dan hashtag yang tepat.

4) Sewa Kamar

Kalau dirumahmu ada satu atau beberapa kamar yang tidak dipakai, apa salahnya disewakan. Apalagi kalau rumah kamu cukup strategis, misalnya dekat dengan pasar, sekolah, kampus, perkantoran, tempat wisata, dan sebagainya. Persiapkan kamar tidak terpakai tersebut sebaik mungkin, kemudian sesuaikan biaya sewa dengan kondisi kamar serta lama sewa.

Banyak sekali orang yang mencari penginapan murah, jadi sewa kamar bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

5) Les, kursus, privat, atau bimbingan belajar.

Kamu punya passion sebagai seorang pendidik? Usaha yang satu ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. Kebanyakan orang tua ingin anaknya pintar dan sukses dalam pelajaran disekolah, sehingga mereka mencari-cari tempat les untuk anaknya. Nah, silahkan manfaatkan peluang ini dan buka tempat les dirumahmu.

Pastikan les yang kamu buka sesuai dengan kemampuan kamu ya. Jangan buka les matematika jika kamu tidak mahir disana. Tapi kamu juga bisa mengajak rekan yang mahir dalam bidang-bidang pelajaran yang kamu tidak kuasai.

6) Rental mobil/motor

Setiap kali mobil/motor digunakan, pasti akan mengeluarkan biaya misalnya bensin, isi angin, servis, dll. Tapi tidak jika mobil/motor tersebut digunakan untuk usaha, setiap kali jalan akan mendapatkan uang. Jadi, jangan sia-siakan kendaraan yang kamu punya. Manfaatkan kendaraan tersebut untuk menghasilkan uang.

Sewa mobil dan motor menjadi peluang bisnis yang cukup lumayan di zaman sekarang ini karena mobilitas yang cukup tinggi dan juga akses jalan yang sudah semakin membaik. Selain itu, banyak juga orang yang ingin bepergian tapi tidak mau menggunakan kendaraan pribadi sehingga sewa mobil dan motor menjadi solusi yang cukup baik.

7) Sewa lahan parkir

Jangan sia-siakan lahan yang ada pekarangan rumahmu. Manfaatkan lahan tersebut menjadi area parkir. Apalagi rumah kamu ada didekat pasar, mall, sekolah, kampus, dan pusat keramaian lainnya. Ditambah lagi jika kamu bisa memberikan fasilitas yang baik untuk tempat parkir kamu seperti atap agar kendaraan yang diparkirkan tidak kepanasan.

Rumah kamu tidak berada didekat pusat keramaian? Jangan putus asa dulu, kamu masih bisa membuka sewa lahan parkir untuk tetangga kamu yang tidak punya tempat parkir. Daripada parkir dijalan kompleks yang rawan hal-hal tidak diinginkan, maka lebih baik sewa tempat parkir saja, iya kan?



Masih ada banyak lagi ide usaha rumahan kreatif yang dapat kamu jalankan. Dengan modal yang kecil, keuntungan yang akan diperoleh pun lebih menjanjikan. Sebenarnya, apapun usaha yang kamu lakukan, asal kamu tekun dan serius, pasti akan berhasil.

Sekian dulu artikel kali ini. Baca juga artikel-artikel lainnya tentang ide-ide usaha di alaguru.com.


Baca juga:
Kesalahan-kesalahan saat memulai bisnis
LINK Perbedaan Reseller dan Dropshipper
LINK Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Menjanjikan Saat ini


Post a Comment

0 Comments