Terbaru

6/recent/ticker-posts

Apa itu Sitemap? - Fungsi dan cara membuatnya

Pernahkan kamu bayangkan berapa banyak website baru yang muncul setiap harinya? Mungkin puluhan atau bahkan ratusan website.

Nah, sekarang coba bayangkan lagi, berapa banyak artikel yang terbit setiap harinya dari semua website yang ada saat ini. Jawabannya mungkin milyaran dan bisa saja triliunan. Lalu, bagaimana Google bisa mengindeks semua artikel tersebut?

Google dan Search engine lainnya memiliki bot yang akan mengunjungi website kita yang kemudian diindeks dan ditampilkan di hasil pencarian. Ternyata, ada sebuah cara yang bisa kita lakukan untuk membantu Google mengindeks website kita, yaitu Sitemap.

Apa itu Sitemap?

Saya seringkali mengibaratkan website seperti sebuah toko. Misalnya Domain adalah nama tokonya, Hosting adalah bangunan tokonya, Nah, Sitemap ini bagaikan daftar produk yang kita tawarkan di toko kita, berupa plang atau papan yang kita letakkan didepan toko. Jadi para pelanggan tidak perlu masuk kedalam toko untuk tahu apa saja produk yang kita jual didalamnya.

Begitulah kira-kira, Google tidak perlu masuk kedalam website untuk dapat mengindeks artikel-artikel yang ada didalamnya.

Banyak pendapat yang menyatakan bahsa Sitemap akan meningkatkan SEO atau peringkat artikel di hasil pencarian Google. Sebenarnya, tidak ada hubungannya sama sekali. Sitemap hanya bertugas membantu Google dalam meng-crawl isi website.


Fungsi Sitemap

Seperti penjelasan diawal, fungsi utama dari Sitemap adalah untuk memudahkan Google mengenali website kita sehingga mudah terindeks di hasil pencarian. Walaupun keberadaan sitemap ini tidak diwajibkan, tapi fungsinya akan sangat membantu terutama bagi website-website baru.

Contohnya, ketika kamu membuat sebuah website baru dan menerbitkan banyak sekali artikel, maka Sitemap akan sangat membantu untuk memasukkan konten-konten tersebut kedalam indeks Google. Lalu, apakah tidak terindeks jika tidak menggunakan Sitemap? Jawabannya adalah website kamu akan tetap terindeks, tetapi akan membutuhkan waktu yang agak lama dan tidak berurutan.


Cara Membuat Sitemap

Membuat Sitemap di Blogger.com / Blogspot

Jika kamu menggunakan CMS dari blogger.com, maka kamu tidak perlu repot-repot membuat sitemap. Blogger sudah menyediakan sitemap yang dapat kamu akses dengan menambahkan /sitemap.xml dibelakang domain kamu.

Contohnya seperti:
- alaguru.com/sitemap.xml

Membuat Sitemap di WordPress

Kamu bisa membuat Sitemap dengan dua cara. Pertama, kamu bisa meng-input secara manual menggunakan Google Webmaster. Kedua, tentunya menggunakan plugin yang sudah disediakan di WordPress.

Ketika menggunakan cara manual, kamu bisa masukke situs Google Webmaster, kemudian mendafarkan properti atau website kamu. Setelah itu ikuti langkah-langkah dan petunjuk yang sudah disediakan. Langkahnya cukup mudah, jika kamu baru pertama kali, kamu hanya perlu memperhatikan dengan teliti.

Jika ingin lebih gampang, kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin satu ini memang sangat berguna di bidang SEO apalagi untuk blogger pemula. Pada plugin Yoast SEO, kamu akan membuat Sitemap dan diupdate secara otomatis oeh plugin tersebut.

---

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya di alaguru.com


Post a Comment

1 Comments

  1. I enjoyed reading this. Great read. Your article has proven useful to me. Nice read. Kelsy Raviv Roselia

    ReplyDelete