Terbaru

6/recent/ticker-posts

Apa itu SEO? - Plugin SEO terbaik untuk Blog Wordpress


SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization", yaitu proses yang dilakukan untuk mendapatkan dan mengarahkan traffic dari pencarian di search engine.


Semua search engines terkemuka seperti Google, Yahoo, dan Bing memiliki sistem pencarian yang sangat canggih dan akan merekomendasikan halaman, gambar, atau video yang paling relevan untuk pengguna internet. Maka dari itu, kita perlu menyesuaikan website kita untuk mampu bersaing di search engine.

Dalam dunia blogging, SEO meliputi berbagai hal seperti: keywords, judul, sub-judul, panjang kalimat, panjang tulisan, dan lain-lain. Kita harus memperhatikan hal-hal tersebut sehingga menciptakan tulisan yang akan terindeks dengan baik di mesin pencari.

Lalu, bagaimana cara melakukan SEO pada blog?
atau, bagaimana mengukur nilai SEO dari sebuah postingan blog?

Jika kamu menggunakan WordPress, maka jawabannya adalah dengan menggunakan plugin SEO.

Plugin SEO untuk blog Wordpress

Jika kamu tidak mau terlalu pusing dan kurang paham mengenai SEO, maka kamu harus menginstal plugin SEO di blog kamu. Karena dengan bantuan plugin-plugin tersebut, kamu dapat melihat bagian-bagian mana dari tulisan kamu yang harus diperbaiki, dan juga melihat berapa score dari tulisan yang kamu buat.

Pastinya, sudah susah-susah membuat postingan, kalo tidak ada yang baca pasti akan sangat menyebalkan. Nah, untuk blog wordpress, kamu bisa menginstal plugin-plugin berikut:

1. Yoast SEO

Kebanyakan blogger akan menyarankan kamu untuk menginstal plugin yang satu ini. Yoast SEO adalah salah satu Plugin SEO WordPress yang terbaik dan paling populer. Buktinya yaitu banyaknya pengguna aktif plugin ini.

Yoast SEO akan membantu kamu menambahkan SEO title, meta description dan meta keyword ke setiap postingan dan halaman di blog. Fitur lainnya dari Yoast SEO yaitu plugin ini mampu memberikan masukan tentang tulisan kamu seperti:

  • Penambahan internal link
  • Penambahan outbond ling
  • Panjang judul
  • Panjang tulisan
  • Pengurangan penggunaan kata-kata asing

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, blog kamu akan teroptimasi dengan baik dan diharapkan mampu bersaing di mesin pencarian.

2. All in One SEO Pack

Plugin "All in One SEO Pack" memiliki fitur-fitur yang serupa dengan "Yoast SEO". Plugin ini juga cukup populer dan saat ini aktif digunakan oleh 3 juta pengguna. Tidak jauh beda dengan Yoast, ada banyak juga fitur-fitur yang dapat membantu kamu membuat website agar lebih SEO friendly.

Contoh Fitur dari plugin ini yaitu dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi judul, meta tag dan fitur-fitur lainnya untuk bersaing di mesin pencarian.

3. Plugin-plugin pendukung SEO

Selain kedua plugin diatas, masih banyak lagi plugin-plugin di WordPress yang dapat memaksimalkan SEO, Berikut ini beberapa plugin yang banyak digunakan:




Itulah pengertian SEO dan plugin-plugin terbaik untuk mendukung SEO di blog WordPress.

Baca juga artikel-artikel lainnya:
Apa itu domain?
Panduan membuat blog WordPress
Perlengkapan awal Blog WordPress Baru (Themes & Plugins)


Post a Comment

0 Comments